Rabu, 28 November 2012

Sejarah Agama Hindu


         A. Pendahuluan.
Menurut R. Antoine, sangatlah sulit untuk mendefinisikan Hinduisme, karena “Hinduisme bukanlah satu agama dengan syahadat tunggal yang harus dipatuhi oleh semua orang. Hinduisme lebih merupakan sebuah federasi berbagai pendekatan terhadap realitas yang berada dibalik kehidupan”.Selain pluralitas doktrin, aliran serta latihan, ada dua unsur yang membuat elaborasi definisi menjadi sulit.Pertama, Hinduisme tidak memiliki pendiri seperti dalam agama Buddihisme, Kristen, dan Islam, kedua, Hinduisme tidak memiliki tubuh otoritas yang merumuskan batas-batas dogma.[1]Oleh karena itu disini penulis akan menjelaskan asl usul nama Hindu dan bagaimna sejarah India Kuno.
            B.  Asal Usul Nama Hindu
Pendiri Hinduisme tidak diketahui dan titik awalnya merujuk pada masa pra-sejarah.Hinduisme juga merupakan tradisi religious utama yang tertua. Menurut Yong Choon Kim, Hinduisme juga seringkali disebut sebagai agama ahistoris dan nonhistoris, karena tidak memiliki awal sejarah dan tidak ada pendiri tunggal. Menurut tradisi, seseorang tidak dapat menjadi seorang Hindu kecuali ia dilahirkan dalam keluarga Hindu.
Sebelum kata “Hindu” dan “Hinduisme” diterima, ada istilah-istilah yang diperkenalkan oleh orang asing, yakni: orang Persia, Yunani dan Inggris. Umat Hindu menyebut tradisi mereka sebagai Vaidika Dharma, Artinya Dharmanya weda.[2]
Dalam bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu  (Bahasa Sanskerta).  Dalam Reg Weda, bangsa Arya menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya anak benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Hal ini mendekati dengan kata Hapta-Hendu yang termuat dalam  Zend Avesta — sastra suci dari kaum Zoroaster di Iran. Pada awalnya kata Hindu merujuk pada masyarakat yang hidup di wilayahsungai Sindhu.Hindu sendiri sebenarnya baru terbentuk setelah Masehi ketika beberapa kitab dari Weda digenapi oleh para brahmana. Pada zaman munculnya agama Buddha, agama Hindu sama sekali belum muncul semuanya masih mengenal sebagai ajaran Weda.[3]
Riwayat Hinduisme yang diketahui paling dini terdapat pada peradaban Lembah Sungai Indus. Kata itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta untuk Sungai Indus, Sidddhu, kata yang oleh bangsa Persia kuno diucapkan sebagai “Hindu”. Tidak lama sebelumnya kata itu digunakan untuk menyebut semua bangsa India pada umumnya, tetapi sekarang kata itu hanya digunakan untuk menyebut pengikut Hinduisme.[4]
Agama Hindu lahir dan berkembang pertama kalinya dilembah sungai suci Sindhu di India.Agama Hindu adalah sebuah agama yang berasal dari anak benua India.Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan sebangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM. Agama ini merupakan agama ketiga terbesar di dunia setelah agama Kristen dan Islam dengan jumlah umat sebanyak hampir 1 miliar jiwa.
Penganut agama Hindu sebagian besar terdapat di anak benua India.Di sini terdapat sekitar 90% penganut agama ini.Agama ini pernah tersebar di Asia Tenggara sampai kira-kira abad ke-15, lebih tepatnya pada masa keruntuhan Majapahit.Mulai saat itu agama ini digantikan oleh agama Islam dan juga Kristen. Pada masa sekarang, mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia adalah masyarakat Bali, selain itu juga yang tersebar di pulau Jawa, Lombok, Kalimantan (Suku Dayak Kaharingan), Sulawesi (Toraja dan Bugis - Sidrap).[5]
Agama ini timbul dari bekas–bekas runtuhan ajaran–ajaran Weda dengan mengambil pokok pikiran dan bentuk–bentuk rupa India purbakala dan berbagai kisah dongeng yang bersifat rohani yang telah tumbuh disemenanjung itu sebelum kedatangan bangsa Arya. Dengan sebab ini para peneliti menganggap Agama Hindu sebagai kelanjutan dari ajaran – ajaran Weda dan menjadi bagian dari proses evolusinya. Menurut para sarjana, agama hindu terbentuk dari campuran antara agama India asli dengan agama atau kepercayaan bangsa Arya.[6]
Agama Hindu adalah suatu agama yang berevolusi dan merupakan kumpulan adat-istiadat dan kedudukan yang timbul dari hasil penyusunan bangsa Arya terhadap kehidupan mereka yang terjadi pada satu generasi ke generasi yang lain sesudah mereka datang berpindah keIndia dan menundukkan penduduk aslinya serta membentuk suatu masyarakat sendiri diluar pengaruh penduduk asli itu.[7]
Sejarah agama Hindu dimulai dari zaman perkembangan kebudayaan–kebudayaan besar di Mesopotamia dan Mesir. Karena rupanya antara tahun 3000 dan 2000 sebelum Masehi dilembaga sungai Indus sudah ada bangsa–bangsa yang peradapannya menyerupai kebudayaan bangsa Sumeria di daerah sungai Eufrat dan Tigris, maka terdapat peradapan yang sama di sepenjang pantai dari laut Tengah sampai ke Teluk Benggal. Penduduk India pada zaman itu terkenal sebagai bangsa Dravida.Bangsa Dravida adalah bangsa yang berkulit hitam dan berhidung pipih, berperawakan kecil dan berambut keriting.Sistem kepercayaan bangsa dravida sebelum masuknya agama Hindu. Bangsa Dravida melahirkan budaya pertapaan menyiksa diri yang beranggapan bahwa jiwa itu tidak sama dengan badan, jika mereka menyatukan badan dengan jiwa maka itu dianggap sebagai bentuk kekekalan.System kepercayaannya seperti orang meditasi, bertapa mengembara, selimbat (tidak menikah), melatih fikiran, mencari jalan kematian dan kelahiran (mencapai kebebasan).
Antara tahun 2000 dan 1000 sebelum Masehi dari sebelah utara masuk ke India kaum Arya, yang memishkan diri dari kaum sebangsanya di Iran yang memasuki India melalui jurang–jurang di pegunungan Hindu Kush. Bangsa Arya adalah bangsa yang berkulit putih dan berbadan tanggap, bentuk hidungnya melengkung sedikit.Kepercayaan bangsa Arya sebelum masuk agama Hindu, Pada awalnya bangsa Arya belum mengenal sistem kepercayaan yang mapan dan terorganisir. Mereka melakukan pemujaan-pemujaan yang ditujukan pada fenomena-fenomena alam, seperti; sungai, gunung dan pegunungan, laut, halilintar, matahari, bulan bintang, batu-batu besar, pohon-pohon besar, dan lain-lain.Tetapi terkadang fenomena alam menjadi sesuatu yang menakutkan bagi mereka, yang mereka anggap alam menjadi marah, murka, bahkan mengamuk. Dengan pengalaman tersebut, mereka memulai melakukan pemujaan-pemujaan terhadap fenomena-fenomena alam tersebut bertujuan untuk menentramkan fenomena-fenomenaalam yang mereka anggap sebagai penganggu. Bangsa Arya mempunyai tahap-tahap dalam system keprcayaan yaitu
1.      Totheisme atau Totemisme atau Antrophomorphisme, adalah tahap di mana persembahan yang mereka berikan masih sangat sederhana kepada fenomena-fenomena alam (sungai, batu, guning, pohon, dan sebagainya).
2.      Polytheisme, pada tahap ini mereka beranggapan bahwa fenomena-fenomena alam tersebut dianggap memiliki suatu kekuatan dan mereka menganggapnya sebagai dewa. Mereka mulai memuja dewa-dewa seperti; Dewa Air (Baruna), Dewa Matahari (Suriya), Dewa Angin (Bayu), dan lain-lain.
3.      Henotheisme, di tahap ini mereka cenderung memfavoritkan pada dewa-dewa tertentu untuk suatu periode, sehingga kefavoritan menjadi berganti-ganti unutk satu periode sesuai dengan keadaan. Bila pada musim kemarau, mereka memuja dan memfavoritkan kepada Dewa Hujan, pada musim bercocok tanam mereka memuja Dewa Air, dan sebagainya.
4.      Monotheisme, pada tahap ini mereka hanya memuja pada satu dewa yang mereka kenal sebagai dewa pencipta segalanya (Pajapati), mereka beranggapan bahwa Pajapati adalah sebagai pencipta alam semesta. Pajapati sering dianggap sebagai dewa yang bertugas menciptakan semua hal dan kemudian berkembang gagasan tentang Brahma. Dari tahap Antrophomorphisme, Polytheisme, kemudian tahap Henotheisme, sampai pada tahap Monotheisme itu disebut tahap Yadnya Marga atau Karma Marga, karena mereka cenderung masih melakukan upacara-upacara persembahan atau upacara kurban dengan tujuan agar mendapatkan berkah, pahala, kebahagiaan, dan keselamatan.
5.      Monisme atau Pantheisme, adalah tahap di mana mereka tidak lagi menyembah dewa-dewa. Mereka meyakini atau berprinsip bahwa ada suatu sumber dari segala sesuatu, yaitu yang mereka namakan sebagai Roh Universal (Maha Atman). Dan mereka juga meyakini bahwa setiap benda atau bentukan memiliki Roh Individu yang mereka namakan Puggala Atman. Di tahap ini yang semakin berkembang mereka melakukan suatu pencarian, bagaimana agar Puggala Atman dapat bersatu dengan Maha Atman.[8]
Setelah bangsa Arya menempati sungai Indus, bercampurlah mereka dengan penduduk asli bangsa Dravida.Semula orang beranggapan bahwa kebudayaan India itu seluruhnya merupakan kebudayaan yang dibawa oleh bangsa Arya, tetepi setelah penggalian–penggalian di Mohenjo Daro dan Hatappa, berubah pandangan orang.Ternyata kebudayaan bangsa Arya lebih rendah dari pada bangsa Dravida. Jadi dapat dikonstatasi  dengan jelas, bahwa agama Hindu tumbuh dari dua sember yang berlainan, tumbuh dari perasaan dan pikiran keagamaan dua bangsa yang berlainan, tetapi kemudian lebur menjadi satu.[9]
C.    Sejarah India Kuno
Penemuan kebudayaan di sungai India kuno, berawal pada abad ke-19 (tahun 1870), dan mulai dieksplorasi oleh bangsa Inggris.Hingga sekarang, penggalian kebudayaan sungai India kuno tidak pernah berhenti, bahkan menemukan lagi sebuah aliran sungai kuno lainnya, pada dua sisi aliran sungai kuno ini tidak sedikit ditemukan juga peninggalan kuno lainnya.Didalam sejarah India kuno terdapat perdapan Lembah sungai Indus, peradaban Mohenjodaro dan Harappa, Invansi bangsa Arya.


PETA INDIA KUNO







1.     Peradaban Lembah Sungai Indus


  (gambar peradaban Lembah sungai Indus. Setelah mendiami areal seluas ukuran Eropa barat di wilayah yang sekarang Pakistan dan India barat, daerah itu dihuni sejak tahun 7000 SM. Meskipun menjadi salah satu peradaban kuno terbesar, tidak banyak yang diketahui tentang peradaban Harappa, terutama karena bahasa mereka belum bisa diterjemahkan.)

Peradaban Lembah Sungai Indus, 2800 SM–1800 SM, merupakan sebuah peradaban kuno yang hidup sepanjang Sungai Indus dan Sungai Ghaggar-Hakra yang sekarang Pakistan dan India Barat. Peradaban ini sering juga disebut sebagai Peradaban Harappan Lembah Indus, karena kota penggalian pertamanya disebut Harappa, atau juga Peradaban Indus Sarasvati karena Sungai Sarasvati yang mungkin kering pada akhir 1900 SM.Panjang Sungai Indus kurang lebih 2900 kilometer.Pemusatan terbesar dari Lembah Indus berada di timur Indus, dekat wilayah yang dulunya merupakan Sungai Sarasvati kuno yang pernah mengalir.[10]Sisa peradaban Lembah Sungai Indus ditemukan peninggalannya di dua kota, yaitu Mohenjodaro dan Harappa.Kebudayaan Indus ini didukung oleh bangsa Dravida yang berbadan pendek, berhidung pesek, berkulit hitam, berambut keriting.Kebudayaan Indus berhasil diteliti oleh seorang arkeolog Inggris, Sir John Marshal, yang dibantu Banerji (orang India).[11]
Mata pencaharian bangsa Dravida adalah bercocok tanam, yang dibuktikan dengan ditemukannya cangkul, kapak, dan patung Dewi Ibu yang dianggap lambang kesuburan.Hasil pertanian berupa gandum dan kapas.Sudah ada saluran irigasi untuk mencegah banjir serta untuk pengairan sawah-sawah rakyat.Dalam perdagangan terlihat adanya hubungan dengan Sumeria di Lembah Eufrat dan Tigris, yang diperdagangkan adalah keramik dan permata.
Perkembangan kepercayaan Lembah Sungai Indus. Masyarakat Lembah Sungai Indus telah mengenal cara penguburan jenazah, tetapi, hal ini disesuaikan dengan tradisi suku bangsanya. Di Mohenjodaro contohnya, masyarakatnya melakukan pembakaran jenazah.Asumsi ini didapat karena pada letak penggalian Kota Mohenjodaro tidak terdapat kuburan.Jenazah yang sudah dibakar, lalu abu jenazahnya dimasukkan ke dalam tempayan khusus.Namun ada kalanya, tulang-tulang yang tidak dibakar, disimpan di tempayan pula. Objek yang paling umum dipuja pada masa ini adalah tokoh “Mother Goddess”, yaitu tokoh semacam Ibu Pertiwi yang banyak dipuja orang di daerah Asia Kecil. Mother Goddess digambarkan pada banyak lukisan kecil pada periuk belanga, materai, dan jimat-jimat. Dewi-dewi yang lain nampaknya juga digambarkan dengan tokoh bertanduk, yang terpadu dengan pohon suci pipala. Ada juga seorang dewa yang bermuka 3 dan bertanduk.Lukisannya terdapat pada salah satu materai batu dengan sikap duduk dikelilingi binatang.Dugaan ini diperkuat dengan ditemukannya gambar lingga yang merupakan lambang Dewa Siwa.Namun, kita juga tidak dapat memastikan, apakah wujud pada materai tersebut menjadi objek pemujaan atau tidak. Meskipun demikian, dengan adanya bentuk hewan lembu jantan tersebut, pada masa kemudian, bentuk hewan seperti ini dikenal sebagai Nandi, yaitu hewan tunggangan Dewa Siwa.Sudah mengenal sistim kepercayaan menyembah banyak dewa (politeisme) serta segala sesuatu yang dianggap keramat. Contohnya adalah pohon pipal dan beringin yang oleh umat Buddha dianggap pohon suci, binatang yang dipuja adalah gajah dan buaya.
Kita tidak tahu banyak tentang peradapan Lembah Indus. Namun, patung-patung para dewi yang dibuat pada zamannya memberi kesan bahwa orang-orang Lembah Indus sangat menekankan pentingnya kesuburan wanita.Beberapa dewa dan dewi Hindu, seperti Shiva, mungkin merupakan keturunan dari para dewi yang hidup pada zaman sebelumnya.[12]

2.    
Peradaban Mohenjodaro dan Harappa

Munculnya peradaban Harappa lebih awal dibanding kitab Veda, saat itu bangsa Arya belum sampai India. Waktunya adalah tahun 2500 sebelum masehi, bangsa Troya mendirikan kota Harappa dan Mohenjondaro serta kota megah lainnya didaerah aliran sungai India. Tahun 1500 sebelum masehi, suku Arya baru menjejakkan kaki di bumi India Kuno. Asal mula peradaban India, berasal dari kebudayaan sungai India, mewakili dua kota peninggalan kuno yang paling penting dan paling awal dalam peradaban sungai India, yang sekarang letaknya di kota Mohenjodaro, propinsi Sindu Pakistan dan kota Harappa dipropinsi Punjabi.
Mohenjo-daro adalah salah satu situs dari sisa-sisa permukiman terbesar dari Kebudayaan Lembah Sungai Indus, yang terletak di propinsi Sind, Pakistan. Dibangun pada sekitar tahun 2600 SM, kota ini adalah salah satu permukiman kota pertama di dunia, bersamaan dengan peradaban  Mesir Kuno,  Mesopotamia dan Yunani Kuno. Arti dari Mohenjo-daro adalah “Bukit orang mati”. Seringakali kota tua ini disebut dengan “Metropolis Kuno di Lembah Indus”.

(Peta kota Mohenjodaro dan Happah. Pembangunan kota Harappa adalah pada masa sebelum bangsa Arya memasuki wilayah peradaban Lembah Hindus, yakni sekitar 2500 SM. Bangsa asli India mendirikan kota megah dikawasan ini hingga tahun 1500 SM ketika bangsa Arya mulai bercampur dengan penduduk asli)
Harappa ialah sebuah kota di Punjab, timur laut Pakistan sekitar 35 km tenggara Sahiwal. Kota ini terletak di bantaran bekas Sungai Ravi.Munculnya peradaban Harappa lebih awal dibanding kitab Veda, saat itu bangsa Arya belum sampai India. Waktunya adalah tahun 2500 sebelum masehi, bangsa Troya mendirikan kota Harappa dan Mohenjondaro serta kota megah lainnya didaerah aliran sungai India. Kota modernnya terletak di sebelah kota kuno ini, yang dihuni antara tahun 3300 hingga 1600 SM. Di kota ini banyak ditemukan relik dari masa Budaya Indus, yang juga terkenal sebagai budaya Harappa. Harappa memiliki lay-out kota yang sangat canggih.[13]
Mohenjodaro dan Harappa merupakan kota terbesar yang berada di lembah sungai Indus. Mohenjo-daro dan Harappa merupakan peradaban yang tinggi nilainya, yang ditandai dengan adanya kota yang teratur penataannya. Rancangan kota Mohenjodaro dan Harappa termasuk kota pertama di dunia yaitu menggunakan sanitasi sistem.Penataan masa pembangunan yang diterapkan oleh kota Mohenjodaro adalah organisasi grid. Jalan yang ada berupa saling tegak lurus dan berjajar sehingga membentuk blok-blok (berupa kotak-kotak) yang digunakan sebagai tempat pendirian bangunan.Konsep ini dapat dilihat pada penataan kawasan perumahan modern maupun apartemen yang tiap rumah tertata sangat rapih dan berada dijalur lurus.


 Didalam kota rumah-rumah individu atau kelompok dibangun dalam suatu pemukiman dengan memungkinkan sirkulasi udaranya, dengan jalan agar selalu mendapatkan udara yang segar. Dengan kata lain sistem sirkulasi udara di Mohenjodaro pada waktu itu sudah ada. Air yang berada dirumah-rumah bersal dari sumur.Dari sebuah ruangan yang tampaknya terlah disishkan untuk mandi, air limbah diarahkan kesaluran tertutup yang berbasis di jalan utama. Indus kuno sistem pembuangan air kotor dan saluran air yang dikembangkan dan digunakan dikota-kota diseluruh wilayah Indus jauh lebih maju daripada yang ditemukan di lokasi perkotaan kontemporer di Timur Tengah dan bahkan lebih efisien daripada yang ada di banyak daerah di Pakistan dan India. Mohenjodaro dan Harappa juga menggunakan sistem irigasi, hal ini dilihat dari pembuatan pemukiman sudah dipertimbangkan agar rumah-rumah tidak terkena banjir dengan membuat jalan air. Semua rumah memiliki fasilitas air dan saluran air.Saluran air kota yang digunakan sebagai pembuangan air dibangun dibawah tanah dengan menggunakan bahan batu bata.

Mengingat banyaknya patung-patung ditemukan di lembah Indus telah secara luas menyatakan bahwa orang-orang Mohenjodaro dan Harappa menyembah patung yang di sebut ibu dewi yang melabangkan kesuburan.Beberapa lembah Indus menunjukan swastika yang dikemudian hari, agama dan mitologi, khususnya di India agama-agama Hinduisme dan Jainisme. Bukti paling awal unsur-unsur Hindu yang ada sebelum dan sesudah awal periode harappa ditemukan simbol-simbol Hindu yang berupa siva lingam.

Kota Mohenjodaro dan Harappa hilang menjadi kota mati sekitar tahun 1750 SM. Beberapa faktor yang mengakibatkan penduduknya meninggalkan kota adlah adanya invansi yang dilakukan oleh bangsa Arya ke daerah peradaban Hindustan pada sekitar tahun tersebut. Pada tahun itu hingga 1000 tahun setelahnya, tidak ada pembanguna kota dengan  peradaban tinggi lagi di wilayah tersebut.
Puing-puing bekas bangunan yang masih berada di kota tersebut tampak sangat teratur dalam penataannya. Puing-puing tersebut terbuat dari bahan yang sama, yakni batu bata tanah liat. Kondisi masa lalu memperlihatkan bahwa system kota yang di terpakan di kota Mohenjodaro dan Harappa sudah sangat maju dengan adanya teknik penataan kota seperti masa sekarang, yakni adanya pola jalan raya dan adanya saluran air bawah tanah.
3.     Invansi Bangsa Arya
Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa Arya.Mereka datang dari daerah Kaukasus dan menyebar ke arah timur.Bangsa Arya memasuki wilayah India antara tahun 200-1500 SM, melalui Celah Kaibar di Pegunungan Hirnalaya dan Widya Kedna.
 Bangsa Arya adalah bangsa peternak dengan kehidupan yang terus mengembara.Setelah berhasil mengalahkan bangsa Dravida di Lembah Sungai Indus dan menguasai daerah yang subur, akhirnya mereka hidup menetap.
Selanjutnya, mereka menduduki Lembah Sungai Gangga dan terus mengembangkan kebudayaannya.Kebudayaan campuran antara kebudayaan bangsa Arya dengan bangsa Dravida dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu.
Perkembangan sistem pemerintahan di Lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan sistem pemerintahan masyarakat di daerah Lembah Sungai Indus. Runtuhnya Kerajaan Maurya menjadikan keadaan kerajaan menjadi kacau dikarenakan peperangan antara kerajaan-kerajaan kecil yang ingin berkuasa.Keadaan yang kacau, mulai aman kembali setelah munculnya kerajaan-kerajaan baru.Kerajaan-kerajaan tersebut di antaranya Kerajaan Gupta dan Kerajaan Harsha.[14]
Selama bertahun-tahun kita mengetahui bahwa Bangsa Arya datang menginvasi bangsa Dravida.Mereka meninggalkan daerahnya karena telah terjadi desakan bangsa-bangsa. Kedatangannya di India harus menyingkirkan terlebih dulu masyarakat sebelumnya, yakni masyarakat pendukung kebudayaan Mohenjodaro dan Harappa yaitu bangsa Dravida yang berciri-ciri berhidung pipih, bibir tebal, serta kulit hitam (menurut kitab Veda). Dengan kemajuan kebudayaannya, mereka dapat menggeser suku bangsa Dravida ke arah selatan, ke wilayah yang kurang subur.
Veda dibawa oleh bangsa Arya yang memenangkan perang dengan bangsa Dravida yang lebih dahulu menempati lembah sungai Indus. Ini artinya bahwa kitab Veda bukan berasal dari India tapi dibawa dan berkembang di India. Kitab Veda yang dibawa oleh bangsa Arya dibuat setelah kebudayaan Mohenjodaro dan Harappa runtuh, sekitar 1500 SM. Setelah bangsa Arya berhasil mengusir suku bangsa Dravida, ia menetap di lembah sungai Indus, pasca runtuhnya kota Mohenjodaro dan Harappa.[15]

 

Referensi
·       Ali, Matius. FILSAFAT INDIA Sebuah Pengantar Hinduisme & Buddihisme. Karang Mulya: Sanggar Luxor, 2010.
·       Ali, A. Mukti. Agama-Agama Dunia. Yogyakarta: IAIN sunan Kalijaga Press, 1988.
·       http://pendidikan-hery.blogspot.com/2012/04/makalah-sejarah-kebudayaan-kota-harappa.html
·       http://rykers.blogspot.com/2010/11/teori-invasi-bangsa-arya-oleh-max.html
·       id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu
·       Keene, Michael. Agama-Agama Dunia. Yogyakarta: Kansius, 2006.
·       Manaf, Mudjahid Abdul. Sejarah Agama-Agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.
·       Shalaby, Ahmad. Agama-Agama Besar India (Hindu – Jaina – Budha). Jakarta: Bumi Aksara, 1998.




[1]Matius Ali, FILSAFAT INDIA Sebuah Pengantar Hinduisme & Buddihisme, Sanggar Luxor, karang mulya 2010, cet:1, h. 15
[2] Matius Ali, op.cit., h. 3-4
[3]id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu
[4]Michael Keene, Agama-Agama Dunia, Kansius, Yogyakarta 2006, h. 10
[5]id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu
[6]Ali, A. Mukti. Agama-Agama Dunia. Yogyakarta: IAIN sunan Kalijaga Press, 1988. h. 93-94
[7] Ahmad Shalaby, Agama-Agama Besar India (Hindu – Jaina – Budha), Bumi Aksara, Jakarta 1998, h. 18-19
[8]http://www.google.co.id/search?hl=id&output=search&sclient=psy-ab&q=surat+dari+tahun+2070&btnG=
[9]Mudjahid Abdul Manaf, Sejarah Agama-Agama, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta 1994, h. 8
[10] http://peradabankuno.wordpress.com/india/peradaban-lembah-sungai-indus/
[12]Michael Keene, Agama-Agama Dunia, Kansius, Yogyakarta 2006, h. 10-11
[13] http://pendidikan-hery.blogspot.com/2012/04/makalah-sejarah-kebudayaan-kota-harappa.html
[14] http://peradabankuno.wordpress.com/india/peradaban-lembah-sungai-indus/
[15] http://rykers.blogspot.com/2010/11/teori-invasi-bangsa-arya-oleh-max.html



Hasil Seni Sastra dari masa Hindhu-Budha

Hasil sastra berbentuk prosa atau puisi :
1. Tutur pitutur (kitab keagamaan).





Jawa dan Kejawen seolah tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Kejawen bisa jadi merupakan suatu sampul atau kulit luar dari beberapa ajaran yang berkembang di Tanah Jawa, semasa zaman Hinduisme dan Budhisme. 
Dalam perkembangannya, penyebaran Islam di Jawa juga dibungkus oleh ajaran-ajaran terdahulu, bahkan terkadang melibatkan aspek kejawen sebagai jalur penyeranta yang baik bagi penyebarannya. Walisongo memiliki andil besar dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa.
Unsur-unsur dalam Islam berusaha ditanamkan dalam budaya-budaya Jawa, yaitu:
            Pertunjukan wayang kulit, dendangan lagu-lagu jawa, ular-ular (patuah yang berupa filsafat), cerita-cerita kuno, hingga upacara-upacara tradisi yang dikembangkan, khususnya di Kerajaan Mataram (Yogya/Solo).

2. Wiracarita (kepahlawanan).















Wiracarita yang terkenal di Indonesia yaitu :
    >>Kitab Ramayana dan Mahabarata.













Kitab Ramayana


Ramayana dari bahasa Sansekerta () Rmâyaa yang berasaldari kata Rma dan Ayaa yang berarti" Perjalanan Rama", adalahsebuah cerita epos dari India yangdigubah oleh Walmiki (Valmiki) atau Balmiki.
Ramayana terdapat pula dalam khazanah sastra Jawa dalam bentuk kakawin Ramayana, dan gubahan-gubahannya dalam bahasa Jawa Baruyang tidak semua berdasarkan kakawin ini. Dalam bahasa Melayu didapati pula Hikayat Seri Rama yang isinya berbeda dengan kakawin Ramayana dalam bahasa Jawa kuna.












Di India dalam bahasa Sansekerta, Ramayana dibagi menjadi tujuh kitab atau kanda sebagai berikut:
1. Balakanda
2. Ayodhyakanda
3. Aranyakanda
4. Kiskindhakanda
5. Sundarakanda
6. Yuddhakanda
7. Uttarakanda




Kitab Mahabarata




Kitab Baratayuda

Timbul wiracarita gubahan pujangga Indonesia, misalnya:
   >>Kitab Baratayuda yang digubah oleh Mpu Sedah dan Mpu Panuluh.
         
Kitab Baratayuda berisi cerita keberhasilan Raja Jayabaya dalam mempersatukan Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala. Kitab Arjunawiwaha berisi pengalaman hidup dan keberhasilan Raja Airlangga.
3. Kitab Hukum (Undang-Undang).

Kitab Kutaramanawa
           Kitab hukum yang ditulis oleh Gajahmada yaitu kitab Kutaramanawa yang digunakan sebagai dasar hukum di Majapahit.
            Kitab Hukum Kutaramanawa disusun berdasarkan kitab Hindu yang lebih tua yaitu kitab Kutarasastra dan Manawasastra. Dengan demikian dari kitab hukum tersebut, merupakan salah satu contoh wujud akulturasi dengan kebudayaan.




Hasil Seni Ukir Peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha

Peninggalan sejarah berupa prasasti
Prasasti Muara Kaman
Tempat Penemuan: Tepi Sungai MahakamKalimantan timur
Isi Prasasti: Tentang kerajaan kutai
Didirikan kira kira tahun 400 m






















Prasasti  Pasir Awi
Tempat Penemuan: Daerah Bogor Jawa Barat
Isi Prasasti: Tentang kerajaan Tarumanegara








 









Prasasti Talang Tuo (684 m)
Tempat Penemuan: Daerah Palembang
Isi Prasasti: Tentang kerajaan Sriwijaya





Prasasti Canggal (732 m)
Tempat Penemuan: Dekat Magelang
Isi Prasasti: Dengn raja Sanjaya





Prasasti Kalasan (778 m)
Tempat Penemuan: Dekat Magelang
Isi Prasasti: Tantang kerajaan Mataram Hindu
Dengn raja Rakai Panangkaran



 Prasasti Tugu
 Tempat Penemuan: Daerah Bogor Jawa Barat
 Isi Prasasti: Tentang kerajaan Tarumanegara





Prasasti MulawarmanTempat Penemuan: Daerah BaliIsi Prasasti: Tentang kerajaan Kutai































Prasasti Ciareteun
 
Tempat Penemuan: Daerah Bogor, Jawa Barat


Prasasti Karang Berahi
Tempat Penemuan: Daerah Jambu Hulu
Isi Prasasti: Tentang kerajaan Sriwijaya

Isi Prasasti: Tentang kerajaan Tarumanegara































Kumpulan Gambar Peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha
CANDI-CANDI PENINGGALAN AGAMA BUDHA


Candi Mendut











Gambar Candi Mendut
Letak                                : Kab. Magelang, Jawa Tengah 
Dibangun Abad ke -         : Abad 9 M
Ciri-ciri Bangunan            : Ada patung Budha dari emas
Candi Ngawen












Letak                                : Kab. Magelang, Jawa Tengah 
Dibangun Abad ke -         : Abad 8 M
Kerajaan/Raja                  : Mataram Kuno,Dinasti Syailendra
Ciri-ciri Bangunan            :
-Memiliki 5 buah candi  
- Candi ke 2 dan 4 terdapat patung singa di sudut
  
Candi Borobudur

Letak                                : Kab. Magelang, Jawa Tengah 
Dibangun Abad ke -         : Thn 760 SM
Kerajaan/Raja                  : Mataram Kuno,Dinasti Syailendra
Ciri-ciri Bangunan            :  
- Candi Budha terbesar di Indonesia 
- Banyak terdapat relief
  -Terdiri dari 3 bagian dasar (arupadatu, rupadatu & bagian puncak)
-   Informasi bangunan Lokasi Kecamatan Borobudur, sekitar 3 Km dari Kota Mungkid (ibukota Kabupaten Magelang, Jawa Tengah). Negara Indonesia Koordinat 7°36′29″S 110°12′14″E / 7.608°LS 110.204°BT / -7.608; 110.204Koordinat: 7°36′29″S 110°12′14″E / 7.608°LS 110.204°BT / -7.608; 110.204 Arsitek Gunadharma Klien Syailendra Awal konstruksi sekitar 770 Masehi Penyelesaian sekitar 825 Masehi Sistem struktural piramida berundak dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci Jenis stupa and candi Ukuran luas dasar 123×123 meter, tinggi kini 35 meter, tinggi asli 42 meter (termasuk chattra)

 Candi Kalasan 










Letak                                : Desa Kalasan,Yogyakarta
Dibangun Abad ke -        : Akhir Abad 8 M (th. 778 M)
Kerajaan/Raja                 : Raja dari zaman Dinasti Syailendra
Ciri-ciri Bangunan          :  
-     Tinggi candi 24 m
-     Ada ukiran yang dipahat dan dilapisi getah yang berfungsi sebagai pelindung lumut
-     Pondasinya dibangun dengan bentuk Greek Cross  

 Candi Plaosan 












Letak                                :Kab. Klaten, Surakarta – Solo
Dibangun Abad ke -         : Abad 9 M (Th. 824 M)
Kerajaan/Raja                  : Raja Rakai Pikatan, Mataram Kuno
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Terdiri dari 2 kelompok candi ( lor dan kidul )   
-    Dikelilingi 116 buah stupa pewara dan 50 candi pewara
   -    Terdapat 6 buah arca di dalam kamar candi induk

Candi Pawon 











Letak                                : Kab. Magelang, Jawa Tengah
Dibangun Abad ke -         : Thn. 826 M
Kerajaan/Raja                  : Mataram Kuno
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Terdapat 3 buah gambar di bagian depannya
-    Banyak dihiasi stupa
-    Memiliki 2 buah jendela kecil di belakang temboknya


Candi Jabung 











Letak                                :
Kab. Probolinggo, Jawa Timur
Dibangun Abad ke -         : Thn. 1354 M
Kerajaan/Raja                  : Mataram Kuno
Ciri-ciri Bangunan            : -Bangunannya tidak terlalu besar

 Candi Jago 










Letak                                : Kab. Malang, Jawa Timur
Dibangun Abad ke -         : Thn. 12 M
Kerajaan/Raja                  : Mataram Kuno
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Terdapat beberapa relief
-    Bangunan bagian atas hanya tersisa sebagian karena tersambar petir


CANDI-CANDI PENINGGALAN AGAMA HINDU

Candi Kawi










Letak                                : Tampak siring,bali
Dibangun Abad ke -         : Thn. 11 M
Kerajaan/Raja                  : Kerajaan Tampak Siring
Ciri-ciri Bangunan            : 
    -    Bangunannya di pahat dari tebing batu
Kompleks kuil ini mengandungi 10 batu candi purba (keramat-keramat). Ketinggian 7 meter  yang diukir pada cenuram. Monumen-monumen ini didedikasikan kepada Raja Anak Wungsu Dinasti Udayana dan ratu pilihannya.

Candi Dieng  










Letak                                : Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah
Dibangun Abad ke -         : Antara abad 8-11 M
Kerajaan/Raja                  : Kerajaan Kalingga
Ciri-ciri Bangunan            :  
-    Atap tidak kerucut
-    Ruangan candinya kecil dan sempit
-    Terdiri dari beberapa kelompok candi yang tersebar di atas pegunungan Dieng
- Candi Dieng memiliki corak agama Siwa. Dari sebuah Prasasti yang ditemukan didalam kompleks, terdapat angka tahun 713 saka atau sama dengan 809 masehi, sehingga kemungkinan besar Candi-Candi Dieng berasal dari abad VIII-IX. Namun terdapat kemungkinan lain  bahwa Candi-candi tersebut ada yang lebih tua yaitu dari sekitar pertengahan abad VIII.
  

Candi Sambisari











Letak                                : Desa Sambisari, Sleman – Yogyakarta
Dibangun Abad ke -         : Sekitar abad 10 M

Kerajaan/Raja                  : Raja dari Wangsa  Sanjaya
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Terdapat patung siwa pada bilik utamanya

Candi Songo











Letak                                : Kab. Semarang, Jawa Tengah
Dibangun Abad ke -         : Abad 9 M (Th. 927 M)
Kerajaan/Raja                  : Raja dari zaman Dinasti Syailendra
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Memiliki 9 buah candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran

Candi Prambanan 










Letak                                : Klaten - Yogyakarta
Dibangun Abad ke -         : Antara abad 9-10 M
Kerajaan/Raja                  : Raja Rakai Pikatan, Mataram Kuno
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Candi Hindu terbesar di Indonesia
-    Terbagi menjadi 3 bagian : halaman pertama (terdapat 3 candi utama, yaitu : candi Wisnu, Brahma dan Siwa), halaman kedua (terdapat 224 buah candi ) dan halaman ketiga
-    Memiliki relief yang memuat kisah Ramayana
Terdapat relief pohon kalpataru

Candi Sawentar













Letak                                : Kab. Blitar, Jawa Timur
Dibangun Abad ke -         : Sekitar abad 13 M
Kerajaan/Raja                  : Majapahit
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Menghadap ke arah barat
-    Reliefnya berbentuk simbolis

Candi Kidal

Letak                                : Kab. Malang, Jawa Timur
Dibangun Abad ke -         : Thn. 1248 M
Kerajaan/Raja                  : Kerajaan Singosari
Ciri-ciri Bangunan            :
-    Terbuat dari batu andesit
-    Terdapat banyak hiasan (hiasan medallion yang melingkar menghiasi badan candi & hiasan kepala kala diatas pintu masuk 

Peta India Kuno














Peta India Kuno tahun 1804













Proses masuknya Agama Hindu keIndonesia
Indonesia sebagai negara kepulauan letaknya sangat strategis, yaitu terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Indonesia dan Pasifik) yang merupakan daerah persimpangan lalu lintas perdagangan dunia.
Agama Hindu berasal dari anak benua India. Agama Hindu berkembang di India sekitar abad 1500 SM. Sumbangan ajaran Agama Hindu terdapat pada kitab sucinya yaitu Weda. Berdasarkan bukti sejarah ada beberapa pintu masuknya penyebaran Agama Hindu, salah satunya adalah Selat Malaka. Selat Malaka menjadi salah satu jalur perdagangan laut yang ramai sehingga menyebabakan para bangsa asing termasuk India, menjadikan pulau Sumatra sebagai tempat persinggahan, sekaligus tempat perdagangan.
Awal abad Masehi, jalur perdagangan tidak lagi melewati jalur darat (jalur sutera) tetapi beralih kejalur laut, sehingga secara tidak langsung perdagangan antara Cina dan India melewati selat Malaka. Untuk itu Indonesia ikut berperan aktif dalam perdagangan tersebut.
Perhatikan gambar berikut ini

 
               Akibat hubungan dagang tersebut, maka terjadilah kontak/hubungan antara Indonesia dengan India, dan Indonesia dengan Cina. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab masuknya budaya India ataupun budaya Cina ke Indonesia.
             Mengenai siapa yang membawa atau menyebarkan agama Hindu - Budha ke Indonesia, tidak dapat diketahui secara pasti, walaupun demikian para ahli memberikan pendapat tentang proses masuknya agama Hindu - Budha atau kebudayaan India ke Indonesia.


SISTEM PEMERINTAHAN MASA HINDU BUDDHA

Pada masa kerajaan Hindu Buddha di Nusantara, banyak meninggalkan sumber sejarah, baik berupa seni  prasasti, hasil kesusastraan, sistem pemerintahan, sistem masyarakat yang dibangun, serta sistem filsafat dan kepercayaannya. Berikut beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu Buddha.
Sistem Pemerintahan
Pengaruh India di Indonesia dalam sistem pemerintahan, adalah adanya sistem pemerintahan secara sederhana. Setelah pengaruh India masuk, kedudukan pemimpin tersebut diubah menjadi raja serta wilayahnya disebut kerajaan. Rajanya dinobatkan dengan melalui upacara Abhiseka, biasanya namanya ditambah “warman”.
Contoh: di Kerajaan Kutai, Taruma dan sebagainya. Bukti akulturasi di bidang pemerintahan, misalnya: raja harus berwibawa dan dipandang punya kesaktian (kekuatan gaib), seperti para Raja disembah menunjukkan adanya pemujaan Dewa Raja
Sistem Kemasyarakatan.
Sistem kasta merupakan penggolongan masyarakat berdasarkan tingkat atau derajat orang yang bersangkutan. Setiap orang sudah ditentukan kastanya. Sistem kasta ini muncul dalam masyarakat Indonesia setelah ada hubungan dengan India. Terdapat empat kasta yaitu kasta Brahmana, Ksatria, Weisya dan Sudra. Sistem kasta ini bukan asli Indonesia.
Filsafat dan Sistem Kepercayaan.
Kepercayaan asli bangsa Indonesia adalah animisme dan dinamisme. Percaya adanya kehidupan sesudah mati, yakni sebagai roh halus. Kehidupan roh halus memiliki kekuatan, maka roh nenek moyang dipuja. Masuknya pengaruh India tidak menyebabkan pemujaan terhadap roh nenek moyang hilang. Hal ini dapat dilihat pada fungsi candi. Fungsi candi di India sebagai tempat pemujaan. Di Indonesia, selain sebagai tempat pemujaan, candi juga berfungsi sebagai makam raja dan untuk menyimpan abu jenazah raja yang telah wafat. Dapat terlihat adanya pripih tempat untuk menyimpan abu jenazah, dan diatasnya didirikan patung raja dalam bentuk mirip dewa. Hal tersebut merupakan perpaduan antara fungsi candi di India dengan pemujaan roh nenek moyang di Indonesia.
Contoh lain adalah lahirnya ilmu Astrologi yaitu pengetahuan yang berkaitan dengan alam semesta atau astronomi. Misalnya orang memberi nama anak berdasarkan hari, tanggal, bulan lahirnya. Adanya buku primbon sebagai pedoman hidup dan tatanan tradisi yang semula hanya merupakan catatan turun temurun. Ajaran Hindu Buddha penuh dengan upacara keagamaan. Falsafah agama tersebut mengajarkan hal-hal yang bersifat pasifistis yaitu ajaran yang menuju pada kehidupan damai, menerima apa yang menjadi takdir karena semuanya ditentukan oleh Tuhan.


1 komentar:

  1. kern sob infonya,
    membantu bnget

    klau ad waktu kunjungi blog ak y

    www.suka-suka-an.blogspot.com

    BalasHapus